-->

7 Kemunculan komet yang terekam kamera

7 Kemunculan komet yang terekam kamera


Komet adalah bendalangit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau parabolis atau hiperbolis.
Komet terbentuk dariesdan debu. Komet terdiri dari kumpulandebudangasyangmembekupada saat berada jauh dari Matahari. Ketika mendekati Matahari, sebagianbahanpenyusun kometmenguapmembentuk kepala gas danekor. Komet juga mengelilingi Matahari, sehingga termasuk dalam sistemtata surya. Komet merupakangas pijardengan garis edar yang berbeda-beda. Panjang"ekor" komet dapat mencapaijutaankm. Beberapa komet menempuh jarak lebih jauh di luarangkasadaripadaplanet. Beberapa komet membutuhkanribuan tahununtuk menyelesaikan satu kalimengorbitMatahari.

1. KOMET MCNAUGHT



 
     Komet McNaugt (C/2006 P1) diberi nama sesuai dengan nama penemunyaRobert McNaught(Australia) dan diumumkan 7 Agustus 2006 lalu, memang merupakan komet paling terang setelah kemunculan Halley pada 1986 lalu. Komet ini mulai terlihat terang di belahan bumi Utara sejak awal Januari. Komet ini mencapai perihelionpada 12 Januari2007, dan dapat dilihat dengan mata telanjang di belahan bumi selatan.
    Komet McNaught pada tahun 2007 sejauh ini dianggap sebagai komet masa kini yang paling fotogenik. Setelah membuat pertunjukan di belahan bumi utara pada awal Januari 2007, komet ini bergerak ke selatan dan mengembangkan ekor debu panjang yang tidak biasa dan membuat para pengamat langit di belahan bumi selatan terpesona. Dalam gambar ini,Komet McNaught tampak di atas kota Santiago, Chili. Komet yang terang tampak dominan di bagian kiri gambar sedangkan bagian ekornya yang indah menyebar di segala penjuru gambar. Dari posisi pengamatan yang sangat baik di Pegunungan Andes ini, kita bisa memandang ke atas ke arah Komet McNaughtdan langit yang megah, berseberangan dengan bulan sabit,dan berada di atas awan,kabut atmosfer, dan lampu-lampu kota.






2. KOMET HALE-BOPP

 

Hale-Bopp ditemukan pada 23 Juli 1995 oleh astronom AS, Alan Hale dan Thomas Bopp, pada jarak yang tidak terlalu jauh dari Matahari, meningkatkan harapan bahwa komet ini akan sangat terang ketika berada di jarak terdekat dengan Bumi. Komet Hale-Bopp (secara resmi bernamaC/1995 O1) mungkin merupakan komet paling banyak diobservasi di abad ke-20 dan salah satu yang paling terang yang terlihat selama beberapa dekade. Komet ini terlihat dengan mata telanjang selama 18 bulan pada tahun 1997, yang berhasil memukau warga Bumi sehingga dijulukiGreat Comet of 1997.
Komet Hale-Bopp mulai terlihat dengan mata telanjang pada bulan Mei 1996, meskipun saat itu kenampakan komet tidak terlalu terang, namun para ilmuwan masih optimis kalau komet itu akan menjadi sangat terang.Dan kejutan pun terjadi, pada awal-awal Januari 1997, komet Hale-Bopp ini sudah cukup terang untuk dilihat oleh siapa saja dengan mata telanjang, bahkan dari kota-kota besar dengan langit yang sudah tercemar polusi udara maupun polusi cahaya.


3. KOMET PANSTARRS


Komet Pan-STARRS ditemukan pertama kali pada 2011 oleh sekelompok astronom menggunakan teleskop bernama Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System (PAN-STARRS) di Hawaii. Komet ini memiliki nama resmi C/2011 L4 dan diperkirakan memakan waktu 100 juta tahun untuk sekali mengorbit Matahari.
Komet Pan-STARRS mencapai perihelion atau jarak terdekat dengan Matahari pada Sabtu (9/3) lalu. Saat perihelion adalah saat terbaik mengamati salah satu kometterang di tahun 2013 ini dari wilayah Indonesia.


4. KOMET HYAKUTAKE

Komet Hyakutake(kode resmi:C/1996 B2) adalah sebuahkometyang ditemukan pada30 Januari1996oleh seorang pengamat astronomi amatir asalJepang,Yuji Hyakutake. Komet ini melintasiBumidalam jarak yang sangat dekat pada Maret tahun tersebut (paling dekat pada25 Maret) tahun tersebut, salah satu lintasan komet yang terdekat dalam 200 tahun, sehingga tampak terang dan dapat dilihat oleh banyak orang di sepanjang dunia.
Hasil penelitian ilmiah terhadap komet ini menunjukkan adanya emisisinar-Xdari komet tersebut; pertama kalinya sebuah komet diketahui melakukan hal tersebut. Selain itu, Hyakutake adalah komet dengan ekor terpanjang yang diketahui hingga kini.Hyakutake adalah sebuah komet periode panjang.
Sebelum perjalanannya melewatitata surya, periode orbitnya mencapai sekitar 15.000tahun, namun pengaruhgravitasidari planet-planet raksasa (atau "raksasa gas," yang terdiri dariJupiter,Saturnus,Uranus, danNeptunus) telah meningkatkannya hingga 72.000 tahun.


5. KOMET LOVE JOY

Komet Lovejoy adalah komet yang ditemukan oleh astronom amatir asal Australia, Terry Lovejoy, pada 17 Agustus 2014 dengan bantuan teleskop 0,2 meter Schmidt–Cassegrain.
Terry Lovejoy telah menemukan komet-komet yang sejauh ini sudah berjumlah lima buah, yang sering juga disebut “Lovejoy” agar lebih simple, padahal komet Lovejoy tak hanya satu.
Oleh karena itu secara astronomi komet-komet disebut selalu dan harus identifikasi dengan sistim penomerannya agar maksudnya tepat dan tak salah dalam mengidentifikasikannya.
Berikut Komet-komet Lovejoy yang berjumlah lima buah berdasarkan sistem penomerannya:
*.C/2007 K5(ditemukan 26 Mei 2007)
*.C/2007 E2(ditemukan 15 Maret 2007)
*.C/2013 R1(ditemukan 7 September 2013)
*.C/2011 W3(ditemukan 27 November 2011)
*.C/2014 Q2(ditemukan 17 Agustus 2014, dan ini yang kitabahas)


6. KOMET ISON

Komet ISON adalah sebuah komet yang ditemukan oleh astronom asal Rusia, Vitali Nevski dan Artyom Novichonok, pada 24 September 2012.Komet ini sejatinya bernama C/2012 S1. Nama ISON diambil dari nama fasilitas yang digunakan untuk menemukannya, International Scientific Optical Network(ISON).
ISON istimewa karena kecerlangannya. Saking cerlangnya, ISON bisa dilihat di siang hari bolong denganmata telanjang!



7. KOMET SIDING SPRING

C/2013 A1 atau (Siding Spring) adalah sebuah komet awan Oort ditemukan pada 3 januari 2013 oleh Robert H. McNaughtat. Siding Spring Observatory menggunakan Kamera 0.5 meter (20) Uppsala Southern Schmidt Telescope.
 Pada saat penemuan itu 7.2 AU dari Matahari dan terletak di konstelasi Lepus. Comet C/2013 A1 mungkin mengambil jutaan tahun untuk datang dari Oort awan. Setelah meninggalkan wilayah planet dari tata surya, post-perihelion orbital periode ( epoch2050 ) diperkirakan akan sekitar 1 juta tahun.


0 Response to "7 Kemunculan komet yang terekam kamera"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel