-->

2 Cara membedakan Micro SD / SD card asli dengan yang palsu 100% work

Cara membedakan Micro SD asli dengan yang palsu


Umumnya jika Anda salah satu calon pengguna smartphone yang baru saja ingin membeli smartphone atau perangkat portable baru, tentunya Anda akan mencari tahu apakah smartphone tersebut mendukung slot microSD atau tidak.
Memang tak bisa dipungkiri keberadaan dan fungsi microSD atau memori eksternal untuk perangkat smartphone saat ini cukup penting. Dengan microSD ini pengguna dapat menyimpan data tambahan pada perangkat smartphone mereka.

Saat ini ada banyak jenis merek microSD yang bisa kita temui di pasaran mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Tapi perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua merek microSD yang ada tersebut adalah asli produk dari brand ternama. Beberapa di antaranya sengaja menggunakan merek terkenal untuk memasarkan produk microSD palsu di pasaran.

Mengingat betapa pentingnya peranan microSD atau memori eksternal pada perangkat smartphone, maka ada baiknya jika Anda lebih jeli untuk membedakan manakah microSD yang asli dan palsu.
Untuk mempermudah Anda membedakan microSD asli dan palsu, berikut adalah cara mudah yang dapat Anda lakukan :

1. Membedakan MicroSD Asli atau Palsu dari bentuk Fisik




Secara kasat mata bentuk fisik dari microSD palsu dan asli memang sulit untuk dibedakan. Namun Secara fungsi umumnya microSD palsu sering mengalami masalah di kemudian hari, seperti data yang sering corrupt, kecepatan transfer data yang lambat, dan susah terbaca pada perangkat smartphone.

Dari bentuk fisik umumnya microSD asli terdapat cetakan merk produk mereka pada permukaan micoSD. Jika produk tersebut menggunakan stiker hologram pada permukaannya, pada produk microSD asli akan tetap ditemukan cetakan merek dibalik stiker tersebut saat stiker dicopot.

2. Membedakan MicroSD Asli atau Palsu Menggunakan Aplikasi




Cara lain untuk membedakan antara microSD asli dan palsu adalah dengan menggunakan aplikasi. Saat ini ada beberapa aplikasi android yang dapat Anda gunakan, antara lain adalah SD Insight. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memeriksa apakah kartu memori yang Anda gunakan asli atau palsu dengan memberikan informasi seputar kartu memori yang Anda gunakan pada smartphone.

Informasi ini bisa Anda gunakan untuk dicocokan dengan data yang ada pada kemasan pembelian kartu memori tersebut. Perhatikan tanggal pembuatan atau produksi kartu memori yang tertera. Jika tanggal produksinya tidak sesuai dengan yang ada pada kemasan, maka keaslian kartu memori wajib dipertanyakan.

Jika memang ternyata kartu memori yang Anda gunakan itu palsu, maka aplikasi ini tidak akan menampilkan data dari microSD yang Anda gunakan. Hal ini bisa saja terjadi karena kartu memori yang Anda gunakan tidak terdaftar.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat ingin membeli microSD adalah dengan menanyakan keaslian produk yang hendak dibeli langsung kepada penjual, garansi yang berlaku pada kartu microSD dan layanan purna jual yang diberikan. Sehingga bila suatu saat terjadi masalah, Anda hanya perlu mengunjungi gerai penjualan tersebut untuk mendapat solusinya.

Demikianlan beberapa tips mudah membedakan microSD asli atau palsu yang dapat anda lakukan. Semoga bermanfaat dan menambah referensi pengetahuan baru untuk Anda.

https://tricknesia.com

https://www.phonearena.com

0 Response to "2 Cara membedakan Micro SD / SD card asli dengan yang palsu 100% work "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel