-->

8 Tanda/ Gejala Bila Ginjal Anda Sedang Bermasalah

8 Tanda Bila Ginjal Anda Sedang Bermasalah



 Ginjal memiliki peran yang besar di dalam tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah melakukan pembersihan dan bertanggung jawab untuk menghilangkan kelebihan cairan.
Selain itu, ginjal juga mendukung kesehatan tulang, meningkatkan jumlah sel darah merah, mengatur tekanan darah serta menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.
Jika salah satu fungsi ginjal terganggu, maka seluruh tubuh akan berisiko.
Maka dari itu, sangat penting untk mengetahui bagaimana mengenali tanda bila ginjal sedang bermasalah.
Ciri yang mudah dikenali biasanya melalui cairan urin. Selain itu, perubahan rasa di mulut merupakan salah tanda yang menjai masalah pada ginjal.
Berikut 8 tanda yang mesti Anda ketahui bila ginjal Anda sedang bermasalah seperti dikutip Boldsky:

Sering lelah

Ginjal yang sehat diketahui menghasilkan hormon yang disebut eritropoietin yang meningkatkan jumlah sel darah merah. Jumlah sel darah merah yang rendah dapat menyebabkan kelelahan serta masalah pada otak dan otot.

Sakit

Nyeri akut di daerah sekitar ginjal adalah gejala khas batu ginjal atau infeksi saluran kemih, atau penyakit terkait ginjal lainnya. Maka dari itu, rasa sakit ini tak boleh diabaikan.

Pusing

Gagal ginjal bisa menyebabkan aliran oksigen tidak mencukupi ke otak. Hal tersebut dapat menyebabkan pusing, masalah memori dan konsentrasi yang buruk. Ini adalah salah satu tanda peringatan awal gagal ginjal.

Rasa berbeda di lidah dan bau mulut

Ketika ada banyak racun dan limbah dalam darah dan cairan dalam tubuh maka bisa menyebabkan Anda mengalami bau mulut yang tidak sedap dan perubahan rasa makanan.

Ruam di kulit

Ginjal memang memiliki fungsi untuk membuang semua racun dalam tubuh. Ketika ginjal memang sudah tidak kehilangan fungsinya maka bisa menyebabkan penumpukan limbah berlebihan dalam darah.
kulit pun bisa menjadi ruam dan kering. Mencoba lotion atau krim tidak bisa menyelesaikan ini, karena masalahnya terletak di dalam tubuh.

Sesak napas

Pengurangan jumlah sel darah merah bisa menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan sesak napas.

Bengkak

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka cairan berlebih cenderung dipertahankan di tubuh. Hal ini pada gilirannya menyebabkan pembengkakan sendi, tungkai dan wajah.

Perubahan warna urin

Beberapa gejala yang paling umum adalah termasuk urin gelap (kencing dalam jumlah kecil, kurang sering buang air kecil), urin berwarna pucat, urin berbusa, selalu ingin kencing sepanjang malam, dan ada rasa nyeri saat buang air kecil.

0 Response to "8 Tanda/ Gejala Bila Ginjal Anda Sedang Bermasalah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel