-->

Dampak Polusi Udara


Hai gan, Gimana Kabarnya. Baik donk pastinya. Buat yang lagi liburan pasti senang tuh, apalagi ditemani sama keluarga besar atau malah sama yang bebeb 😂😂😂. Terkadang ketika lagi diperjalanan pasti sangat kesal sekali, udah panas , macet, lama, ngantuk, dan juga polusi yang bertebaran. Apalagi yang pengguna motor, pasti lebih berbahaya tuh. Ouh iya gan, disini kita akan bahas dampak Polusi udara, bagi yang mau berkendara sebaiknya harus berhati-hati. Pakailah masker untuk menutupi hidung dan juga mulut dari polusi jahat. Daripada kelamaan, mending langsung aja iya gan , mari kita simak dibawah ini.

Dampak polusi Udara

1. Dampak Polusi Udara Terhadap Kesehatan

   Substansi pencemaran yang terdapat diudara dapat masuk kedalam tubuh melalui sistem pernapasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar kedalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. Partikulat berukuran besar dapat tertahan disaluran pernapasan bagian atas, sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru paru. Dari paru paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar keseluruh tubuh.
   Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISNA ( Infeksi Saluran Nafas Atas ).
termasuk diantaranya : asma , bronkitis , dan gangguan pernapasan lainnya.
Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksik dan karsinogen.

2. Dampak Polusi Udara Terhadap Tanaman

  Tanaman yang tumbuh didaerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit, antara lain klorosis, nekrosis, dan bintik hitam. Partikulat yang terdeposisi dipermukaan tanaman dapat menghambat proses fotosintesis.

3. Hujan Asam

  pH biasa air hujan adalah 5,6 karena adanya CO2 diatmosfer. Pencemaran udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan.
Dampak dari hujan asam ini antara lain :
  1.  Mempengaruhi kualitas air permukaan
  2.  Merusak tanaman
  3.  Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan.
  4. Bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan

4. Efek rumah kaca

 Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2, CFC, metana, ozon, dan N2O dilapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. Akibatnya panas terperangkap dalam lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global
Dampak dari pemanasan global adalah :
 a. Pencairan es dikutub
 b. Perubahan iklik regional dan global
 c. Perubahan siklus hidup flora dan fauna

5. Kerusakan Lapisan Ozon

 Lapisan ozon yang berada disratosfer ( ketinggian 20-35 km ) merupakan pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet.

0 Response to "Dampak Polusi Udara"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel